Saturday, August 4, 2012

Sekilas Tentang Masurai

Pemandangan Dari Ladang Penduduk

Gunung Masurai.

Gunung yang berada di Jambi ini mungkin belum banyak didengar oleh masyarakat. Lokasinya yang jauh dan informasi yang minim membuatnya jarang didaki.

Namun Gunung ini menyimpan banyak potensi. Masurai, berasal dari kalimat "Emas Yang Terurai". Kata-kata itulah yang menggambarkan keindahan Gunung itu sendiri.



Lokasi Gunung Masurai
Lokasi Gunung Masurai (Point A)
Gunung ini masih berada di wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Tepatnya berada di Dusun Sungai Lalang, Kecamatan Muara Siau. Jaraknya sekitar 110 km dari Kota Bangko dan 370 km dari Kota Jambi.

Peta Topografi Masurai
Topografi
Keunikan gunung ini tentu terdapat pada danaunya yang luar biasa. Gunung ini memiliki beberapa danau dan danau yang terkenal adalah Danau Kumbang dan Danau Mabuk. Danau-danau ini juga termasuk danau vulkanik tertinggi di Indonesia. Sedangkan untuk vegetasinya sendiri di Masurai ini sangat lebat dan terdapat banyak lumut. Sesuai dengan jenis hutannya yang termasuk jenis Sub Alpin.

Pada intinya Gunung Masurai sangat layak dikunjungi jika anda senang menjelajah alam dan melihat keindahan alam Indonesia yang diciptakan oleh Tuhan.

1 comment:

  1. menembus jalur hutan yang lebat.. banyak pacet gak? Sumber airnya ?

    ReplyDelete