Thursday, October 11, 2012

Jurnal Ekspedisi Masurai : Pendakian

Kamis, 28 Juni 2012

Persiapan Pendakian
Pagi ini, kami bangun pukul 4.00. Walaupun udara cukup dingin, kami tetap semangat packing dan bersiap untuk pendakian Gunung Masurai. Setalah beres Packing dan juga Rutin, kami pun melakukan pemansan agar tubuh tetap fit pada saat pendakian nanti. Pukul 6.30 kami mulai jalan dan melakukan pendataan titik start.

Berisitrahat di Ladang Penduduk

Kami pun lanjut berjalan melewati Ladang Penduduk, kami melakukan istirahat setiap 1 Jam. Pada pukul 9 kami sampai di Pintu Rimba dan kami disambut hutan dengan vegetasi yang cukup lebat.
Pintu Rimba

Setelah melakukan pendataan di Pintu Rimba kami lanjut berjalan. Jam 10.26 kami tiba di Shelter 1, tak lupa untuk mengambil air yang terdapat disini dan juga melakukan rutin untuk mengisi tenaga kami.
Mengisi Air di Shelter 1

Pukul 12.40 kami lanjut berjalan, jalur makin lebat dan curam. Kami tetap melakukan sistem istirahat 10 menit setiap 1 jam. Setalah perjalanan yang cukup panjang, pukul 18.05 kami tiba di Puncak 1. Kami segera mendirikan tenda sebelum malam datang, pemandangan disini sangat indah, danau kumbang terlihat jelas. Setelah semua beres kami langsung melaksanakan rutin, namun tak lama kemudian hujan lebat datang, kamipun harus masuk tenda dan segera beristirahat.
Mendirikan Camp di Puncak 1

Jumat, 29 Juni 2012

Cahaya Pagi di Masurai
Hujan lebat yang terjadi pada malam harinya tak menyurutkan semangat kami, pukul 5.42 kami semua bangun. Cahaya Matahari sudah cukup terang dan kami bisa melihat indahnya awan dari atas disini. Kami melakukan dokumentasi dan tadzabur alam.
Rutin Pagi di Puncak 1

Setelah puas menikmati indahnya alam kam melakukan rutin dan beres-beres. Kami juga melakukan pendataan setelah semua beres. Lalu kami melakukan pemansan dan briefing untuk pendakian menuju Puncak Utama. Pukul 9.44 kami mulai jalan, jalur masih landai dan belum terlalu rapat. Kami masih melakukan sistem istirahat yang sama.
Jalur Berlumut

Pukul 10.43 kami tiba di shelter 2. Perjalanan langsung kami lanjutkan menuju Puncak Utama. Jalur mulai rapat dan terkadang kami harus menunduk karena banyaknya ranting pohon. Beberapa dari kami mulai kelelahan, cuaca pun semakin mendung. Semakin keatas jalur semakin lembab dan berlumut, beberapa dari kami terperosok ke lumpur basah.
TOP MASURAI
Namun akhirnya kami sampai di Puncak Utama pada pukul 13.40. Puncak Utama ini masih ditumbuhi pepohonan yang cukup lebat jadi pemandangan kebawah kurang jelas. Tak lama kemudian hujan turun. Kami istirahat dan briefing untuk menentukan langkah yang akan diambil. Pada rencana awal kami akan langsung turun ke Danau Kumbang setelah rutin. Namun hujan sudah sangat lebat dan jalur menuju ke bawah pasti sangat licin. Akhirnya Komandan Lapangan memutuskan untuk nge-camp di puncak 1 saja. Kami langsung mendirikan tenda dan rutin.
Pemandangan Dari Teras Puncak
Edelweiss di Teras Puncak
Kami juga melakukan pendataan dan dokumentasi. Beberapa dari kami ada yang menuju teras di puncak, pemandangan disini indah, terlihat Gunung Hulunilo. Ada juga beberapa bunga edelweiss disini. Malampun tiba kami langsung melakukan rutin. Tak lupa kami juga melakukan evaluasi untuk pendakian 2 hari kemarin. Setelah semua selesai, kami istirahat pada pukul 20.04

Sabtu, 30 Juni 2012

Tim Ekspedisi di Puncak Masurai
Pemandangan Saat Turun dari Puncak
Pagi ini kami bangun pukul 5, udara sangat dingin namun kami harus sigap karena misi utama kami belum tercapai. Kami langsung rutin dan beres-beres. Setelah rutin kami melakukan pendataan dan kirim. Tak lupa berfoto dulu di Puncak Masurai. Setalah semua siap dan di dahului dengan pemanasan kami mulai jalan pukul 8.16. Cuaca cerah dan kami turun dengan cukup cepat.

Menikmati Danau Kumbang

Jam 10.52 kami tiba di Puncak 1, kami langsung menyimpan barang dan hanya membawa barang-barang sperlunya untuk turun ke Danau Kumbang. Perjalanan ke Danau Kumbang menghabiskan waktu 1 jam karena medan yang sangat curam. Setibanya di Danau Kumbang kami langsung menikmati alam, bersih-bersih tak lupa untuk melakukan pendataan dan dokumentasi. Kami juga melaksanakan rutin siang untuk mengisi tenaga kami. Pukul 14.00 kami meninggalkan Danau Kumbang. Namun kali ini pergerakan kami cukup cepat, jam 14.33 kami sudah tiba di Puncak 1 dan bersiap untuk turun menuju Desa.

Turun sambil mendata
Setelah istirahat dan packing, pada puku 15.00 kami mulai jalan, dan pada pukul 17.35 kami sudah tiba di shelter 1. Disini kami dihadapkan 2 pilihan, nge-camp di Puncak 1 atau langsung turun ke bawah. Akhirnya danlap memutuskan untuk langsung turun karena mengejar waktu pulang. Setalah berjalan sekitar 1 jam, pukul 18.43 kami tiba di ladang penduduk. Kami istirahat sebentar, lalu kami langsung berjalan. Dan pada pukul 20.18 kami tiba di Dusun Sungai Lalang dan dismbut oleh pendamping. Kami bersyukur karena perjalanan kami dapat terlaksana dengan selamat dan tujuan-tujuan kami tercapai. Setelah menaruh tas di Homestay, kami langsung mencari makan di warung di Dusun Sungai Lalang. Dan kamipun berisitirahat untuk melanjutkan perjalanan pulang esok harinya.

1. mantap... sayang belum banyak para pendaki mengetahui kalau ada gunung masurai yang layak dikunjungi